Beberapa Obat Pemicu Kegemukan

Mengonsumsi jenis obat tertentu merupakan sebuah bentuk untuk menghilangkan rasa sakit. Meski demikian, sebenarnya ada beberapa obat yang memiliki efek samping seperti kenaikan berat badan tanpa disadari.

Seperti dikutip dari budayahidupsehat.wordpress.com menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Pulkit Sharma, Psikolog Klinis & Therapist Psikoanalitis di VIMHANS New Delhi, India, terdapat empat jenis obat yang dipercaya dapat memberikan efek berat badan.

1. Antidepresan : jenis obat yang ampuh sebagai penanganan depresi ini ternyata menyumbang kenaikan berat badan bagi mereka yang sering mengkonsumsinya, seperti dalam jenis antidepresan trycyclic dan inhibitor monoamine oxidase.

2. Obat tidur : obat tidur yang diresepkan cenderung aman dan efektif membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak jika dikonsumsi dengan benar. Namun jika Anda sedang menjalani program diet, Anda harus berhati-hati. Karena kandungan meletonim yang terdapat dalam obat tidur bisa menyebabkan naiknya berat badan.

3. Steroid : Steroid merupakan obat ampuh dalam mengatasi peradangan dan meredakan nyeri, selain itu steroid mampu meningkatkan suasana hati. Selain itu seseorang yang tidak mengalami peradangan tetapi mengkonsumsi steroid dapat merasa nyaman dalam waktu yang relatif cepat. Namun dalam penelitian tersebut didapati bahwa kandungan dalam steroid mamicu penumpukan lemak.

4. Diabinese, Insulase (klorpropamid): merupakan salah satu jenis obat untuk penderita adabetes tipe 2. meski beberapa obat diabetes tipe 2 dapat menyebabkan penurunan berat badan. Namun, jenis Diabinese, Insulase (klorpropamid) dapat memiliki efek sebaliknya. Dalam penelitian jenis obat tersebut dapat merangsang produksi insulin atau kegiatan yang menurunkan gula darah dan dapat meningkatkan nafsu makan.