Seniman Wanita Ini Dikecam Karena Membuat Pakaian Dalam dari Besi

Seorang seniman wanita asal Afghanistan bernama Kubra Khademi mendapat ancaman mati setelah menciptakan pakaian dalam wanita dari besi dan memamerkan hasil karya seninya tersebut di jalanan.
Pakaian dalam dari besi yang dipakai di luar dari pakaian besi ciptaan Khademi ini dianggap bertentangan dengan nilai-nilai yang dijalankan di negara tersebut. Karena berbentuk pakaian dalam, otomatis yang ditonjolkan adalah bagian payudara dan bokong.


Khademi mengaku menciptakan hasil karya seni ini berawal dari pengalaman pribadi mengenai pelecehan seksual yang dialaminya. Ia berharap dengan mengenakan pakaian besi tersebut bisa berjalan di jalanan padat tanpa ada yang ‘menganggu’.

Khademi menjelaskan, walau menggunakan hijab, wanita Afghanistan rentan menjadi korban pelecehan seksual. Pengalaman memalukan itulah yang dialaminya saat berusia 5 tahun dan memutuskan suatu saat membuat pakaian dalam dari besi.

Namun, tidak sampai 8 menit memakai dan memamerkan pakaian dalam tersebut ke jalanan, bukannya aman dari orang-orang iseng, ia justru harus kembali ke mobil karena sejumlah anak-anak dan pria melempari dan meneriakinya sebagai wanita murahan. Sampai pada akhirnya ia mendapatkan berbagai ancaman akan dibunuh.



Meski mendapat kecaman dan ancaman, Khademi mengaku tidak akan berhenti untuk terus mempelopori pakaian dalam besi ini demi keselamatan para wanita di Afghanistan.

0 Response to "Seniman Wanita Ini Dikecam Karena Membuat Pakaian Dalam dari Besi"

Post a Comment